Dalam 2 hari ini, saya dipusingkan dengan masalah kirim email menggunakan PHP ke yahoo mail. Framework yang saya gunakan adalah Codeigniter dan saya menggunakan email class milik codeigniter. Email yang saya kirimkan tidak pernah bisa masuk ke Yahoo mail. Sedangkan pada Google Mail, selalu masuk ke folder spam.

Setelah googling sana sini, dan mencoba berbagai macam solusi yang tak kunjung ada hasilnya, akhirnya saya menemukan satu solusi yang bisa mengatasi masalah ini, yaitu menggunakan smtp. Setting pengiriman email adalah sebagai berikut:

$config['smtp_host'] = 'mail.myisp.com';
$config['smtp_user'] = 'me@myisp.com';
$config['smtp_pass'] = 'password';
$config['smpt_port'] = '25';
$config['protocol']  = 'smtp';

“myisp” pada smtp_host adalah ISP semisal: Speedy dan Smart. smtp_user dan smtp_pass adalah username dan password dari ISP tersebut.

Cara lain adalah dengan mengirim via smtp dengan akun Gmail.

$config['protocol']  = 'smtp';
$config['smtp_host'] = 'ssl://smtp.googlemail.com';
$config['smtp_port'] = '465';
$config['smtp_timeout'] = '30';
$config['smtp_user'] = 'me@gmail.com';
$config['smtp_pass'] = 'password';
$config['charset']  = 'utf-8';
$config['newline']  = "\r\n";

smtp_user dan smtp_pass adalah username dan password Gmail.

Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman sesama programmer yang memiliki kesulitan yang sama dengan saya.