Tags

, , , , , , , , ,

Semua orang, bahkan mungkin di seluruh bumi tentunya mengetahui film yang berjudul The Avengers, film yang sudah sangat dinanti-nantikan oleh semua penikmat film di seluruh dunia. Film ini sempat meraup keuntungan sebesar 1,6 milliar dolar dan mengalahkan rekor Harry Potter and the Deathly Hollows part 2.

Cerita diawali oleh Loki (Tom Hiddleston) bertemu dengan penguasa alien yang disebut The Other. Ia ditugaskan mendapatkan kembali Tesseract dan sebagai gantinya, ia harus memimpin kelompok alien Chitauri menyerbu bumi. Cerita kemudian beralih ke bumi. S.H.I.E.L.D sedang dalam penelitian terhadap Tesseract oleh Dr Erik Selvig (Stellan Skarsgård). Saat Nick Fury (Samuel L. Jackson) dan agen Maria Hill (Cobie Smulders) tiba di sana, Tesseract bereaksi dan membawa Loki ke bumi. Dr Erik Selvig, agen Clint Barton / Hawkeye (Jeremy Renner) serta beberapa agen lain dikuasai oleh Loki, Tesseract dicuri, kemudian markas S.H.I.E.L.D dihancurkan.

Nick Fury kemudian berinisiatif mengaktifkan kembali proyek The Avengers. Para agen ditugaskan untuk membujuk para superhero untuk bergabung. Agen Natasha Romanoff / Black Widow membujuk Dr Bruce Banner / Hulk (Mark Ruffalo) yang sedang mengasingkan diri di India, agen Phil Coulson (Clark Gregg) ditugaskan membujuk Tony Stark / Iron Man (Robert Downey Jr), sedangkan Fury membujuk Steve Rogers / Captain America (Chris Evans). Mereka semua dipertemukan di Helicarrier milik S.H.I.E.L.D. Sementara itu, Thor (Chris Hemsworth) datang dari Asgard menuju ke bumi untuk menangkap Loki dan mengambil kembali Tesseract. Mempersatukan para superhero dengan karakter yang berbeda-beda ini bukanlah suatu hal yang mudah dan itu merupakan tugas berat Fury. Mereka harus bersatu untuk mengalahkan Loki dan pasukan aliennya, serta menghentikan roket nuklir yang diluncurkan pemerintah untuk menghancurkan para alien beserta kota New York dan penduduknya.

Terdapat dua kata yang cocok untuk film ini, yaitu Menegangkan dan Lucu. Dua kata itu sebenarnya bertolak belakang karena film yang lucu biasanya tidak menegangkan, dan film yang menegangkan tidak mengandung unsur humoris. Sutradara Joss Whedon mampu dengan apik meramu dua kata tersebut ke dalam film ini. Jalan cerita dari The Avengers sebenarnya sangat sederhana. Para jagoan berkumpul untuk melindungi bumi dari serangan para alien yang ingin menguasai bumi. Tapi sang sutradara tahu benar bagaimana mengatur jalan cerita supaya tidak membosankan dan monoton.

Kebanyakan film-film yang diprediksi akan meledak di pasaran lebih menonjolkan sisi aksi yang bombastis dan mengabaikan unsur cerita, tapi tidak dengan The Avengers. Setiap karakter superhero ditampilkan dengan cerita yang menarik. Setiap karakter juga memiliki porsi cerita yang sama. Sebagai contoh romansa Black Widow dan Hawkeye dan Captain America yang masih merasa tertinggal jaman, Aksi Mark Ruffalo dalam memerankan sosok Dr. Bruce Banner / Hulk juga memukau, mengingat ia lebih banyak berperan dalam film drama daripada film yang mengutamakan action. Tony Stark tentu menjadi pusat perhatian di sepanjang film dengan kata-kata pedasnya. Aksi Thor pun memukau, tapi juga terdapat beberapa adegan lucu saat ia beraksi bersama Hulk.

Berdasarkan post-credit screen, telah disinyalir bahwa akan terdapat sekuel untuk film ini. Tetapi tampaknya para penggemar The Avengers harus sedikit bersabar karena jadwal rilisnya masih sangat lama. Overall, film ini merupakan film wajib tonton dan sangat sayang untuk dilewatkan.