Tags

, , ,

Harry Potter and the Half Blood Prince adalah film petualangan fantasi yang berdasarkan pada novel berjudul sama dan merupakan film keenam dari serial Harry Potter. Film yang disutradarai oleh David Heyman ini berdurasi 2 jam 20 menit dan dirilis pada tanggal 15 Juli 2009. Tapi pada beberapa negara, dirilis pada tanggal 29 Juli 2009.
2008-11-14-harry_potterSetelah kebangkitan Voldemort, Death Eater mengacau dunia sihir dan juga dunia muggle (dunia para manusia biasa). Draco Malfoy diberi tugas oleh Voldemort, sedangkan Severus Snape dipaksa oleh Bellatrix Lestrange mengikat sumpah untuk melindungi Draco Malfoy dengan taruhan nyawanya. Sementara itu, Harry Potter diajak profesor Dumbledore untuk membujuk profesor Horace Slughorn kembali ke Hogwartz. Pada saat Harry Potter, Hermione, dan Ron Weasley dalam perjalanan ke Hogwartz, Harry mencurigai gerak gerik Draco yang berhubungan dengan Death Eater.

Dumbledore meminta Harry untuk lebih mendekati profesor Slughorn menyangkut rahasia Slughorn untuk mengalahkan Voldemort, karena itu Harry mengikuti kelas ramuan profesor Slughorn. Harry menemukan buku milik The Half-Blood Prince yang di dalamnya telah ditulis rahasia-rahasia pelajaran ramuan yang belum pernah dia lihat sebelumnya. Hal ini membuat Harry menjadi murid utama profesor Slughorn. Perlahan, rahasia itu pun terkuak, Voldemort menggunakan 7 Horcrux untuk membuat dirinya abadi. Selama 7 Horcrux belum dimusnahkan, Voldermort tidak bisa dibunuh. Dumbledore dan Harry telah menghancurkan masing-masing satu Horcrux (sebuah cincin dan Buku harian Tom Riddler). Horcrux ketiga pun ditemukan, tapi berada di dalam gua dan terlindungi oleh cairan yang dapat membuat lumpuh. Cairan itu harus diminum sebeum Horcrux itu bisa didapatkan. Dumbledore meminta Harry memaksanya untuk meminum cairan itu dan akhirnya membuatnya lumpuh. Tetapi, Dumbledore berhasil melindungi Harry dari serangan para Inferi dengan sihir apinya dan menggunakan apparate untuk men-teleport mereka kembali ke sebuah menara di Hogwartz. Langkah kaki terdengan menuju ke arah mereka dan Dumbledore meminta Harry untuk sembunyi. Ternyata Draco Malfoy yang datang bersama para Death Eater, ditugaskan Voldemort untuk membunuh Dumbledore. Draco tak mampu melakukannya, sehingga Snape mengambil alih tugasnya.

Sebenarnya, saya cukup kecewa dengan Harry Potter serial ini. Inti ceritanya terlalu pendek, tapi dibumbui dengan kisah cinta Harry, Hermione, Ron, dan Ginny yang tidak berhubungan dengan inti cerita. Kisah cinta mereka terkesan dipaksakan untuk memperpanjang durasi film. Yang lebih mengecewakan adalah pada adegan klimaks, sangat jauh berbeda dengan yang ada di buku. Pada cerita di buku, terdapat perang antara penghuni Hogwartz dan para Death Eater sementara Draco dan Snape ada di menara bersama Harry dan Dumbledore. Sedangkan di film, para Death Eater hanya datang bersama dengan Draco Malfoy dan tidak ada peperangan. Selain itu, yang lebih aneh lagi, setelah Snape membunuh Dumbledore, Bellatrix membakar gubuk Hagrid, padahal di cerita yang keenam ini tidak pernah diperlihatkan bahwa Hagrid memiliki hubungan dengan para Death Eater. Lalu, untuk apa Bellatrix membakar gubuk Hagrid? Bahkan Bellatrix mengetahui bahwa gubuk itu milik Hagrid.

Overall, saya beri nilai 6.5 dari 10 untuk film ini. Mengecewakan, setidaknya menurut saya…