Tags

, , , ,

Australia adalah film bertema drama romantis yang disutradarai oleh Baz Luhrmann dan dibintangi oleh Nicole Kidman dan Hugh Jackman. Film ini bersetting di Australia antara tahun 1939 – 1942 dan berlatar belakang perang dunia II. Kota yang digunakan untuk lokasi syuting diantaranya Sydney, Darwin, Kununurra, dan Bowen. Film ini mengisahkan kehidupan warga kulit putih dari Inggris yang tinggal bersama suku asli Australia, suku aborigin.

australia-poster

Lady Sarah Ashley (Nicole Kidman) melakukan perjalanan dari London ke bagian utara Australia untuk memaksa suaminya menjual peternatakannya yang bernama Faraway Downs. Begitu tiba di Australia, sang suami mengutus seorang penngiring ternak yang biasa dipanggil “Drover” (Hugh Jackman) untuk mengantar Sarah menuju ke peternakan. Setelah sampai, Sarah mendapatkan suaminya telah tewas terbunuh dan peternakan menjadi tidak berfungsi. Neil Fletcher (David Wenham) sang kepala peternakan, mengatakan bahwa suaminya terbunuh oleh suku aborigin yang bernama “King” George (David Gulpilil). Seorang anak campuran aborigin dan orang kulit putih bernama Nullah (Brandon Walters) memberitahu Sarah bahwa Fletcher, menipu sang suami dan berusaha menyebrangkan 1500 sapi yang rencananya akan dijual ke militer ke peternakan Lesley “King” Carney (Bryan Brown). Setelah itu, Sarah memecat Fletcher dan berusaha menyebrangkan 1500 sapi itu sendiri ke kota Darwin, dengan bantuan Drover. “King” Carney mengutus Fletcher untuk menghadang perjalanan Sarah dan Drover, tapi mereka pun berhasil sampai di Darwin dan menjual 1500 sapi itu. Carney kemudian berusaha membujuk Sarah untuk menjual peternakannya ke dia, tapi Sarah menolak dan akan mengurus peternakan tersebut bersama Drover dan Nullah serta suku aborigin lainnya. Carney yang murka memecat Fletcher. Akan tetapi tak lama kemudian, Fletcher membunuh Carney seolah-olah dia mendapatkan kecelakaan dan menikah dengan putrinya. Peternakan Carney menjadi milik Fletcher. Hari-hari indah yang dialami Sarah, Drover dan Nullah mulai terusik.

Australia adalah film yang memiliki genre beraneka ragam, mulai dari drama romantis, petualangan, dan sedikit komedi. Hugh Jackman dan Nicole Kidman benar-benar total dalam berakting di film ini. Adegan-adegannya pun menyentuh perasaan. Di bagian akhir film, saya hampir meneteskan air mata setelah menyaksikan adegan tersebut. Di bagian klimaks juga terdapat adegan yang cukup menegangkan, walaupun tidak begitu dahsyat. Saya berikan nilai 8/10 untuk film ini. Bagi penggemar drama romantis, sebaiknya anda menonton film ini.