Transformers: Revenge of the Fallen adalah film science fiction action Amerika yang bercerita tentang peperangan 2 kubu, Autobot dan manusia melawan Decepticon. Film ini dirilis pada tanggal 19 Juni 2009 di Inggris dan 24 Juni 2009 di Amerika dan negara lainnya. Disutradarai oleh Michael Bay dan Steven Spielberg, film berdurasi 2,5 jam ini merupakan sekuel dari Transformer yang pertama.

TF2SteelPosterAutobot, dipimpin oleh Optimus Prime, bergabung dengan tentara Amerika dan Inggris dan membentuk NEST. Mereka ditugaskan  untuk menghabisi sisa-sisa Decepticon yang ada di seluruh belahan dunia. 2 Tahun telah mereka lakukan bersama. Mereka baru saja menghancurkan 2 anggota Decepticon yang berada di Shanghai, China, yaitu Demolishor dan Sideways. Sideways dihancurkan oleh Arcee, Sideswipes, dan Jolt, dibantu oleh si kembar Skids dan Mudflap. Sedangkan Demolishor dihancurkan oleh Optimus Prime, dibantu oleh Ironhide. Sebelum Demolishor tewas, Ia memberitahukan bahwa “The Fallen” akan bangkit kembali. Kejadian di Shanghai membuat resah presiden Amerika. Ia mengirim Penasihat Nasional Militer, Galloway untuk memperingatkan tentang kerusakan yang terjadi akibat Autobot. Ia menyarankan agar Autobot segera meninggalkan bumi karena menyangka Autobot adalah sasaran Decepticon.

Sementara itu, Soundwave dari Decepticon melakukan pembajakan terhadap satelit Amerika Serikat dan akhirnya mengetahui tentang lokasi pecahan AllSpark dan “mayat” Megatron. Ia mengirim Ravage untuk mengambil pecahan tersebut dan berhasil. Kemudian Robot bedah bernama Scalpel berhasil menemukan Megatron dan menghidupkannya kembali dengan mengambil spare part dari salah satu anak buahnya. Megatron bertemu kembali dengan Starscream dan guru dari Megatron, The Fallen. Mereka sedang membiakkan Decepticon, tapi langsung mati karena kekurangan Energon.

Di lain pihak, Sam Witwicky akan berangkat menuju kuliah. Sebelum berangkat, ia menemukan serpihan AllSpark di bajunya yang terbakar di tangannya dan beberapa perabot rumah berubah menjadi Decepticon. Keadaan rumah menjadi kacau, tapi Bumblebee segera datang menolong dan menghancurkan Decepticon. Mikaela mendengar hal tersebut dan segera menuju ke rumah Sam. Sam menyerahkan batu itu kepada Mikaela agar aman dari Decepticon. Wheelie dari Decepticon mengikuti Mikaela menuju ke bengkel mobilnya. Wheelie berusaha mencuri pecahan tersebut, tapi segera ditemukan oleh Mikaela dan Mikaela menguncinya di dalam kotak. Mikaela pun segera menuju ke kampus tempat Sam berada.

Di Kampus, Sam bertemu dengan Leo Spitz yang sehari-harinya mengambil video terbaru tentang alien yang ternyata adalah para autobot dan Decepticon dan Alice, gadis yang cukup agresif terhadap Sam. Ternyata Alice adalah Decepticon Pretender yang ditugaskan mengambil pengetahuan tentang energon di dalam kepala Sam, yang dia dapat setelah AllSpark terbakar di tangannya. Bersama Mikaela dan Leo, mereka berhasil menghancurkan Pretender. Mereka bertigak sempat tertangkap oleh Megatron, tapi diselamatkan oleh Optimus Prime. Tapi Optimus Prime terbunuh oleh Megatron. Merasa tidak sabar, The Fallen mulai menggerakkan Decepticon untuk mencari mesin peninggalan Prime terdahulu bernama Sun Harvester dan juga mencari Sam. Sam, Mikaela, dan Leo dibantu oleh Mantan agen sektor tujuh Seymour Simmons, Wheeler dan Jetfire berhasil mendapatkan lokasi mesin tersebut di pegunungan Petra di Mesir. Begitu pula Decepticon. Mereka juga menemukan Matrix of Leadership yang dapat menghidupkan lagi Optimus Prime dan menghidupkan Sun Harvester. Simmons menghubungi Mayor William Lennox dan prajuritnya untuk membawa Optimus Prime dan Autobot ke Mesir untuk menghidupkannya kembali. Decepticon juga menuju ke Mesir mendapatkan Matrix Of Leadership. Perang berhasil tak terhindarkan…

Satu kata untuk film ini. SPEKTAKULER!!! Adegan demi adegan penuh dengan action. Tak lupa juga menyediakan humor-humor segar yang bisa menghilangkan ketegangan. Kualitas grafik dari film ini tidak perlu diragukan lagi. Durasi film ini pun cukup panjang, yaitu 2,5 jam. Bisa Anda bayangkan ketegangan dan humor bercampur selama itu. Ceritanya pun lebih memukau dibandingkan dengan film pendahulunya, Transformer. Anda wajib menonton film ini. Saya berikan nilai sempurna untuk film ini. JANGAN LEWATKAN!!!