Tags

, , , , ,

Terminator Salvation adalah film keempat dari seri Terminator. Dibintangi oleh Christian Bale sebagai John Connor, Sam Worthington sebagai cyborg Marcus Wright, dan menampilkan juga Anton Yelchin sebagai Kyle Reese muda. Film ini dirilis pada tanggal 21 Mei 2009 di Amerika, 3 Juni 2009 di Inggris, 4 Juni 2009 di Australia dan Selandia Baru, dan 5 Juni 2009 di Afrika Selatan.

terminator_salvation_montage_posterTahun 2003, Marcus Wright (Sam Worthington) dinyatakan bersalah atas pembunuhan yang dilakukannya, dan hukuman mati akan segera dijatuhkan. Dr. Serena Kogan (Helena Bonham Carter) dari Cyberdyne Systems membujuk Marcus agar ia bersedia menyumbangkan tubuhnya untuk penelitian di cyberdyne. Setahun kemudian, Judgement Day terjadi. Tahun 2018, John Connor (Christian Bale) melakukan serangan terhadap salah satu markas Skynet. Di sana, ia menemukan rahasia pembuatan Terminator T-800 dan banyak tahanan manusia. Saat John berada di luar, bom nuklir meledakkan markas tersebut beserta seluruh prajurit dan tawanan. Marcus tiba-tiba muncul dari reruntuhan dan kemudian menuju ke Los Angeles.

Kembali ke markas kapal selam nuklir, John memberitahukan hasil temuannya kepada Jenderal Ashdown (Michael Ironside) dan mereka segera menemukan frekuensi radio yang sanggup melumpuhkan mesin Skynet. Mereka akan menggunakannya untuk serangan ke markas Skynet di San Fransisco 4 hari lagi, menanggapi daftar pembunhan Skynet yang menempatkan John pada posisi kedua. Posisi pertama ditempati oleh Kyle Reese yang akan menjadi ayah dari John.

Setelah tiba di Los Angeles, Marcus diserang oleh terminator tipe T-600 dan diselamatkan oleh Kyle Reese (Anton Yelchin) dan  temannya yang bisu, Star (Jadagrace Berry). Setelah mendengarkan pidato yang disampaikan oleh John Connor tentang penyerangan ke San Fransisco, mereka bertiga memutuskan untuk menuju ke markas pemberontak. Tetapi di tengah perjalanan, mereka diserang oleh mesin. Kyle Reese dan Star tertangkap, sedangkan Marcus berhasil menyelamatkan diri setelah gagal menyelamatkan mereka. Sementara itu, 2 pesawat A10 menyerang mesin dan kalah. Salah satu pilotnya, yaitu Blair Williams (Moon Bloodgood) selamat dan bertemu dengan Marcus. Mereka segera menuju ke markas pemberontak.

Di dekat markas pemberontak, Marcus terkena ranjau dan dirawat di dalam markas. Saat tersadar, ia baru mengetahui bahwa dirinya adalah cyborg dengan organ manusia. John menahannya, tapi Blair membantu Marcus meloloskan diri. Saat John berhasil mengejar, Marcus menawarkan diri untuk masuk ke markas Skynet di San Fransisco dan membebaskan Kyle Reese. John pun setuju dan membiarkannya pergi. Setelah itu, John segera menyusul dan meminta agar semua pemberontak menahan serangan ke San Fransisco agar Kyle Reese tidak terbunuh.

Seperti film terminator, adegan yang dilakukan di film ini kebanyakan di suasana gelap. Adegan demi adegan di dalamnya juga cukup mendebarkan. Panjang film ini adalah 2 jam dan cukup menyajikan inti sari cerita. Pada akhir cerita, penonton bisa menyambungkannya ke cerita The Terminator, yaitu film pertama dari serial Terminator. Overall, saya rasa film ini bernilai 8 dari 10.