Tags

, , , ,

X-Men Origins: Wolverine adalah film superhero yang mengisahkan masa lalu yang kelam dari Wolverine. Film berdurasi kurang lebih 1 jam 30 menit ini  dirilis di Amerika pada tanggal 28 Mei 2009 dan disutradarai oleh Gavin Hood. Hugh Jackman memerankan Wolverine. Setting waktu dari film ini adalah sekitar 10 hingga 17 tahun sebelum trilogi X-Men.

x_men_origins_wolverine_ver5Pada tahun 1845 di Kanada, James Howlett melihat ayahnya dibunuh oleh seseorang bernama Thomas Logan. Hal ini memicu mutasi di dalam dirinya, yaitu cakar panjang dari kedua tangannya. Dengan cakar tersebut, Ia membunuh Thomas, yang ternyata adalah ayah kandungnya. James kemudian lari bersama kakak tirinya, Victor Creed. Keduanya memiliki umur yang panjang (atau mungkin abadi), dan ikut serta dalam berbagai perang, yaitu Perang sipil Amerika, Perang Dunia I, Perang Dunia II, dan Perang Vietnam. Pada perang vietnam, Victor membunuh atasannya yang akan memperkosa penduduk lokal. James melindungi Victor, dan keduanya ditangkap untuk dihukum mati dengan ditembak, tapi mereka tidak bisa mati. Keduanya akhirnya bertemu dengan Major Stryker dan mengajak mereka untuk bergabung di dalam Team X yang beranggotakan “orang-orang spesial”. Mereka adalah Agent Zero, Wade Wilson, John Wraith, Fred Dukes, dan Chris Bradley. Tindakan Team X yang brutal membuat James meninggalkan grup itu.

Enam tahun kemudian, James menggunakan nama Logan dan tinggal bersama kekasihnya, Kayla Silverfox. Stryker menemukan James dan memperingatkannya untuk berhati-hati, terkait dengan terbunuhnya Wade dan Chris. Tak lama kemudian, Victor membunuh Kayla. James yang terbakar dendam menyetujui saran Stryker untuk memberinya senjata baru yang akan digunakan untuk menangkap Victor. Stryker menanam Adamantium pada tulang James, sehingga tulangnya berubah menjadi metal yang sangat kuat. Ia diberi kalung baru dengan nama Wolverine. Penanaman berhasil dan Stryker memerintahkan untuk menghapus ingatan James dan membawanya ke suatu pulau. James mendengarnya dan langsung melarikan diri. Tak lama kemudian, Ia dihadang oleh Zero, tapi akhirnya tewas di tangan James. James akhirnya mulai mencari tahu tentang pulau itu dengan menanyakannya pada Wraith dan Duke. Duke berkata bahwa ada satu orang yang pernah selamat dari pulau, yaitu Remy LeBeau (Gambit). Ia kemudian diantar ke laboratorium tempat Victor dan Stryker berada oleh Gambit.

X-Men Origins: Wolverine terlihat tidak berbeda jauh dibandingkan dengan X-Men Trilogy. Banyak kejadian yang seharusnya menegangkan, tapi entah kenapa saat saya melihatnya, terkesan biasa saja. Plot cerita memang bagus, tapi sudah terlalu umum. Pada bagian akhir film, sudah cukup menunjukkan hubungan antara film ini dengan X-Men seri pertama. Hanya saja, terdapat satu hal yang aneh, yaitu pada saat adegan kawanan mutan dijemput oleh Professor Xavier, sang Professor bisa berjalan tanpa kursi roda. Sedangkan pada seri pertama X-Men, sang profesor menaiki kursi roda. Terdapat satu alunan musik yang cukup bagus pada adegan Logan setelah 6 tahun meninggalkan Team X. Durasi 1 jam 30 menit pas sekali untuk film ini.

X-Men origins ini sepertinya bagus dengan nilai 7,5 dari 10.