Tags

, , , , ,

Dragonball Evolution adalah film yang diadaptasi dari anime Jepang Dragonball. Film yang berdurasi 1 jam 15 menit ini disutradarai oleh James Wong dan diproduseri oleh Stephen Chow, dirilis pada tanggal 13 Maret 2009 di beberapa negara Asia dan dirilis di Amerika pada tanggal 10 April 2009. Video game dengan judul yang sama akan dirilis pada bulan Maret atau April untuk PSP.

170309055157_sonstige_dragonball_evolution__2009_Son Goku (Justin Chatwin) berulang tahun yang ke-18. Ia tinggal bersama kakeknya yang bernama Son Gohan (Randall Duk Kim). Kakeknya menghadiahkan bola naga berbintang 4 kepadanya. Di sekolah, ia sering dikerjai teman-temannya. Tetapi kakeknya memintanya untuk menahan diri dan tidak berkelahi. Ia berkenalan dengan Chi Chi (Jamie Chung) dan ia mengundang Goku untuk datang ke rumahnya karena akan diadakan pesta. Malamnya, Goku pergi ke pesta Chi Chi dan sementara itu, kakek Gohan didatangi oleh Piccolo (James Marsters) dan Mai (Eriko Tamura). Piccolo kemudian menghancurkan rumah kakek Gohan dan ia tertimbun di dalamnya. Goku merasakan ada yang tak beres dengan kakeknya dan ia segera pulang dan menemukan kakeknya. Dalam keadaan sekarat, kakek Gohan meminta Goku mencari Muten Roshi (Chow Yun Fat)  dan menyampaikan berita bahwa Piccolo telah kembali. Sebelum Goku berangkat, ia bertemu dengan Bulma (Emmy Rossum) yang mencari bola naga berbintang 5. Bersama-sama mereka akhirnya bertemu Muten Roshi dan mengajaknya juga untuk mencari bola naga. Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan Yamcha (Joon Park) yang juga ikut bergabung. Bersama-sama, mereka mencari bola naga dan bertarung melawan Piccolo.

Dragonball Evolution adalah produk gagal. Acting yang standard dan jalan cerita yang terlalu cepat dan sederhanalah yang menunjukkan kejelekannya. Ada juga beberapa adegan yang terlalu memaksa, yaitu pada saat Goku berubah menjadi Ozaru, bajunya robek. Tapi pada saat kembali menjadi Goku lagi, bajunya tidak robek. Hal yang paling utama yang menunjukkan keanehan film ini adalah penamaan karakter. Mendengar nama Goku disebut-sebut dimana pemainnya adalah orang Barat langsung membuat bulu kuduk berdiri. Selain nama Goku, nama-nama karakter lain serta nama jurus milik Goku yang terkenal, Kame Hame Ha juga membuat merinding bila diucapkan. Penamaannya sangat tidak cocok dengan percakapan bahasa inggris. Tetapi semua kejelekan ini bisa sedikit ditutupi dengan grafis yang cukup bagus, walaupun tidak terlalu istimewa.

Banyak pemain yang tidak cocok dengan karakter Dragonball, tetapi ada satu pemain yang sangat aneh dan tidak cocok. Pemain itu adalah Master Mutaito (Ernie Hudson) yang BERKULIT HITAM. Lihat saja gambar di bawah ini antara Ernie Hudson dengan Mutaito yang asli.

mutaito

Secara keseluruhan, saya beri nilai 5 dari 10 berkat kejelekan-kejelekan itu. Seandainya saja saya tidak pernah melihat serial anime Dragonball, mungkin saya akan menjadi mengagumi film ini.  Sayangnya saya adalah penggemar Dragonball. ^^