Tags

, , , , , , , , , , ,

Red Cliff II adalah lanjutan dari film terdahulunya yaitu Red Cliff. Film berbujet tinggi ini baru saja dirilis pada bulan Januari 2009. Tidak ada perubahan pemeran dalam Red Cliff II dibandingkan dengan Red Cliff.1229566180

Cerita berlanjut dari pertandingan Cuju (semacam sepak bola) di camp milik Cao Cao (Zhang Fengyi). Sun Shang Xiang (Vicky Zhao) sedang menyelinap untuk menjadi mata-mata dan mencatat semua keadaan camp Cao Cao. Sementara itu, wabah penyakit tifus melanda dan menewaskan banyak sekali prajurit Cao Cao. Tabib Hua Tuo (Xie Gang) menyarankan untuk mengkremasi mereka, tetapi Cao Cao memerintahkan untuk mengirim mayat para prajurit ke camp musuh untuk menyebarkan penyakit tersebut ke sana. Zhuge Liang (Takeshi Kaneshiro) segera menyadari hal ini dan mengkarantina prajurit Wu yang terinfeksi. Liu Bei (You Yong) khawatir prajuritnya ikut terinfeksi sehingga ia menarik pasukannya keluar dari camp Wu. Namun Zhuge Liang tetap tinggal di sana untuk membantu prajurit Wu. Ia dan Zhou Yu (Tony Leung Chiu-Wai) memikirkan cara untuk mendapatkan anak panah sebanyak 100 ribu buah dan menyingkirkan Cai Mao (Yi Zhen) dan Zhang Yun (Jia Hongwei) yang merupakan kekuatan angkatan laut utama. Masing-masing mempertaruhkan kepalanya untuk misi tersebut. Zhuge Liang berangkat bersama Lu Su (Hou Yong) dengan banyak kapal untuk mendapatkan panah dari camp Cao Cao. Tertutup kabut tebal, Cai Mao dan Zhang Yun hanya berani menembak kapal Zhuge Liang dengan panah dari jauh. Sedangkan pada kapal Zhuge Liang terdapat orang-orangan pengusir gagak untuk menancapkan panah. Zhuge Liang mendapatkan 100 ribu panah dengan mudah. Sementara itu, Cao Cao mengutus Jiang Gan (Shi Xiaohong) untuk membuat Zhou Yu menyerah, mengingat Jiang Gan adalah teman baik Zhou Yu. Zhou Yu kemudian memanfaatkan Jiang Gan untuk membawa berita palsu bahwa Cai Mao dan Zhang Yun akan memenggal kepala Cao Cao. Setelah mengetahui hal itu, Cao Cao curiga bahwa ini adalah taktik untuk mengadu domba. Tetapi setelah mendengar laporan bahwa Cai Mao dan Zhang Yun melempar panah di tengah kabut ke kapal musuh, Cao Cao langsung percaya bahwa mereka akan berkhianat. Ia segera memenggal kepala Cai Mao dan Zhang Yun, tetapi saat mereka dipenggal, ia segera menyadari bahwa ia telah termakan tipuan Zhou Yu. Cao Cao marah dan meracuni Jiang Gan hingga tewas.

Sesaat sebelum penyerangan berlangsung, Cao Cao berpikir untuk menyerang dengan menggunakan api karena terbantu oleh arah angin. Zhou Yu pun memikirkan cara yang sama tetapi arah angin tersebut merugikan mereka. Huang Gai (Zhang San) menawarkan diri agar dirinya dipukul 50 kali sebagai alasan untuk mengundurkan diri dari pasukan Wu dan mengabdi kepada pasukan Cao Cao. Dengan begitu kapal Huang Gai yang sudah dinyalakan api dapat mendekat ke kapal Cao Cao, tetapi Zhou Yu menolak usulnya. Zhuge Liang melihat langit dan ia kemudian memperhitungkan bahwa pada tengah malam, arah angin akan berubah dan bertiup ke arah kapal Cao Cao. Sementara itu, Xiao Qiao (Lin Chi-ling) menyerahkan diri untuk membujuk Cao Cao menarik mundur pasukannya tetapi ditolak. Setelah itu, pada saat pasukan Wu bersiap menyerang, Xiao Qiao membujuk Cao Cao untuk minum teh bersamanya agar perhatiannya teralihkan dan ia tidak menyadari perubahan arah angin. Pasukan Cao Cao pun akhirnya dikejutkan oleh serangan api dari pasukan Wu. Liu Bei ternyata hanya berpura-pura memisahkan diri dari pasukan Wu untuk menipu Cao Cao dan mereka pun ikut menyerang camp Cao Cao dari samping. Pertarungan besar antara pasukan Cao Cao dengan koalisi Wu dengan Liu Bei pun akhirnya berlangsung.

Dibandingkan dengan Chronicle Of The Three Kingdom, terdapat beberapa perbedaan.

  • Xiao Qiao dan Sun Shang Xiang sama sekali tidak berperan pada perang Red Cliff. Tapi pada film, Xiao Qiao mengulur waktu Cao Cao dan Sun Shang Xiang menjadi mata-mata.
  • Pasukan Liu Bei tidak ikut menyerang seperti di dalam film, akan tetapi mereka membuat serangan kejutan pada saat Cao Cao akan melarikan diri.
  • Pada film, Cao Cao terus melawan hingga pasukannya habis, tetapi pada novel, Cao Cao bersama sisa prajuritnya melarikan diri.
  • Huang Gai dipukul atas ketidakhormatannya kepada Zhou Yu (tentu saja itu hanya pura-pura). Tetapi pada film, usul tersebut ditolak.
  • Jiang Gan mendengarkan berita pengkhianatan palsu dari Zhou Yu pada saat Zhou Yu pura-pura tertidur dan mengigau. Sedangkan pada film, Ia menguping pembicaraan Zhou Yu dengan prajuritnya.
  • Jiang Gan tidak tewas diracun oleh Cao Cao seperti yang terdapat pada film. Cao Cao tidak ingin menunjukkan bahwa ia tertipu oleh kebodohan Jiang Gan dan tetap memaksa untuk memuji Jiang Gan. Jiang Gan pun merasa bangga dengan apa yang telah ia lakukan.
  • Jiang Gan membawa Pang Tong yang kemudian menasehati Cao Cao agar kapal-kapal tersebut dirantai untuk mengurangi goyangan kapal. Pang Tong sebelumnya telah diminta Zhou Yu untuk bekerja sama. Hal ini menyebabkan kekalahan pada Cao Cao karena kapal-kapal tersebut susah bergerak. Pada film, Cai Mao dan Zhang Yun adalah orang yang melakukan strategi ini.

Pada Red Cliff II, tidak jauh berbeda dengan Red Cliff. Acting dari bintang filmnya terasa berlebihan dan terlalu dramatis. Akan tetapi, terdapat adegan spektakuler pada bagian peperangan akhir. Durasi Red Cliff II dirasa cukup untuk menceritakan keseluruhan cerita dari perang karang merah. Saya berikan nilai 9 untuk film ini dalam kisaran nilai 0-10.