Tags

, , , , ,

Resident Evil: Degeneration film animasi CG pertama dari game yang dirilis oleh Capcom yaitu Resident Evil. Dalam bahasa Jepang berjudul Biohazard: Degeneration dan dirilis di Jepang pada tanggal 29 Oktober 2007. Film ini dirilis di Amerika dalam bentuk DVD dan Blu-ray pada tanggal 26 dan 27 Desember 2008 dan dibintangi oleh dua karakter Resident Evil terdahulu, Leon S. Kennedy dan Claire Redfield.resident-evil_degeneration_title

7 tahun setelah insiden di kota Racoon, Claire Redfield sekarang adalah anggota dari Terrasave, yaitu organisasi yang menangani penyelamatan dari serangan biologi dan kimia. Ia tiba di bandara udara Harvardville untuk menemui temannya. Sementara itu, Willpharma adalah perusahaan obat-obatan yang diduga menyimpan T-virus, yaitu senjata biologis yang dapat menyebabkan seseorang menjadi seperti zombie. Seorang senator bernama Ron Davis memiliki saham di sana. Ia sekarang juga berada di bandara udara Harvardville, tetapi tidak bisa keluar karena banyak demonstran yang menentangnya. Setelah itu, tiba-tiba saja muncul zombie yang kemudian memakan bodyguard sang senator sehingga juga membuatnya menjadi zombie. Dalam sekejap Bandara itu menjadi kacau karena zombie. Kemudian sebuah pesawat yang isinya sudah dikuasai zombie mendarat darurat dan menabrak bandara. Calire dan senator bersama 2 orang lainnya terperangkap di dalam Bandara.

Polisi kemudian memblokade bandara. Leon S. Kennedy diutus gedung putih untuk menyelamatkan senator. Ia kemudian memasuki bandara bersama dua orang anggota polisi yaitu Angela Miller dan Greg Glenn. Mereka berhasil menyelamatkan orang-orang yang terperangkap di bandara tetapi Greg tergigit dan berubah menjadi zombie. Setelah itu, Frederic Downing, kepala divisi di Willpharma datang membawa vaksin untuk orang yang terjangkit T-virus. Tetapi tak lama kemudian truk yang membawa vaksin tersebut meledak. Frederic bersama Claire kemudian menuju pusat penelitian Willpharma, sedangkan Leon dan Angela menuju ke rumah Curtis Miller, kakak Angela, karena diduga melakukan pengancaman terhadap pemerintah. Curtis mengancam akan menyebarkan T-virus bila pemerintah tidak menyebarkan berita tentang apa yang sesungguhnya terjadi di kota Racoon. Mereka terlambat karena rumahnya sudah terbakar dan jejaknya hilang.

Claire menyadari bahwa Willpharma menyimpan G-virus karena diberitahu oleh Frederic. Frederic kemudian meninggalkannya sebentar di ruangannya. Tak lama kemudian Claire menelpon Leon untuk memberitahu tentang G-virus. Frederic menelpon Claire bahwa ia melihat orang yang mencurigakan di tempat G-virus disembunyikan dan terdapat bom waktu. Bersamaan dengan itu, Claire melihat Curtis Miller dan pusat penelitian meledak. Leon dan Angela segera menuju ke pusat penelitian dan berpencar. Leon menemukan Claire sedangkan Angela menemukan Curtis. Ia kemudian segera mengatakan kepada Angela bahwa pemerintah menyimpan rahasia tentang kota Racoon yang menyebabkan kematian istri dan anaknya. Curtis segera bermutasi menjadi monster G-virus. Leon segera menyusul Angela dan menyelamatkan diri dari Curtis. Pada bagian akhir dari film, kemudian diketahui bahwa Fredericlah yang menjadi otak dari semua kejadian ini, yaitu kejadian di bandara, peledakan truk pembawa vaksin, peledakan pusat penelitian, dan menjual T-virus beserta vaksinnya kepada teroris di India.

Resident Evil: Degeneration tampil dengan kualitas grafis yang luar biasa. Seperti film horor lainnya, suasana di film ini sangat gelap. Awalnya, film ini cukup seram bagi yang tidak suka dengan film horror. Tetapi pada bagian akhir film, yaitu pada pertarungan antara Leon dan Angela melawan Curtis, sangat seru dan menegangkan. Alur ceritanya cukup sederhana dan mudah ditebak.

Antara nilai 0-10, saya berikan nilai 9 untuk film ini. Film ini wajib tonton!