Tags

, , , , , , , , ,

Sering kali kita temui pada beberapa web, terdapat proses sign up atau register untuk menjadi anggota sebelum bisa masuk ke website tersebut atau menggunakan fasilitas dari web tersebut. Setelah melakukan sign up, kita dapat memperbaiki profil kita. Pada bagian profil, khususnya pada bagian description (bila ada), biasanya terdapat satu kotak besar (textarea) untuk mengisi deskripsi diri kita. Berbeda dengan textbox yang hanya bisa mengisi satu baris saja, textarea bisa mengisi lebih dari satu baris. Akan tetapi, textarea juga memiliki kekurangan.

Bagi seorang yang familiar dengan web programming, tentunya tidak sulit menggunakan tag dalam textarea untuk meng-customize huruf. Misal cetak tebal menggunakan <b></b> dan pemberian link menggunakan <a href=”www.tujuan.com”></a>. Tapi bagi orang awam yang belum pernah mengenal web programming, hal itu tentu sulit. Bila textarea tersebut mirip dengan MS Word, tentunya orang yang awam terhadap web programming pun bisa meng-customize kata-kata mereka dengan mudah tanpa perlu mempelajari web programming lagi, mengingat MS word merupakan text editor yang sudah umum dan sering digunakan.  fckeditor adalah solusi yang tepat.

Contoh tampilan fckeditor (click gambar untuk melihat lebih jelas)

fckeditor memiliki tampilan yang mirip dengan MS word, walaupun mungkin tidak selengkap MS Word, tetapi cukup bagus sebagai text editor. fckeditor biasa digunakan di:

  • Content Management System (CMS)
  • Personal Web Sites
  • Blog Systems
  • Community Sites
  • Forum
  • dan masih banyak lagi

fckeditor juga mendukung Javascript, AFP, ASP, ASP.Net, ColdFusion, Java, PHP, Phyton, dan server side programming lainnya. Browser yang compatible dengan fckeditor adalah Internet Explorer 5.5+, Firefox 1.5+, Safari 3.0+, Opera 9.5+, Netscape 7.1+, Camino 1.0+. Untuk masalah lisensi, sebenarnya tidak diharuskan. Tapi bila ingin mendapatkan lisensi, bisa dilihat lebih jelas di sini.

Langkah-langkah instalasinya sangat mudah:

  1. Download versi terbaru di sini.
  2. Extract ke dalam folder fckeditor di dalam root folder komputer Anda.

Gampang kan? Untuk mengetes, gunakan link ini.
http://<your site>/<FCKeditor installation path>/_samples/default.html
Untuk mengintegrasikan ke dalam web, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan fckeditor.php ke dalam web site anda dengan menggunakan fungsi include_once()
  2. <?php
    include_once("fckeditor/fckeditor.php");
    ?>

  3. Masukkan kode di bawah ini untuk membuat fckeditor
  4. <?php
    $oFCKeditor = new FCKeditor('FCKeditor1') ;
    $oFCKeditor->BasePath = '/fckeditor/' ;
    $oFCKeditor->Value = 'Sample Text' ;
    $oFCKeditor->Create() ;
    ?>

  5. Editor siap digunakan

Contoh di atas menggunakan PHP. Untuk bahasa pemrograman lainnya, bisa dilihat lebih jelas di sini.

(Sumber: www.fckeditor.net)