Tags

, , , , , ,

The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor adalah sekuel dari kedua film mummy sebelumnya yaitu The Mummy dan The Mummy Returns. Fim garapan Rob Cohen ini dirilis pada tanggal 1 Agustus 2008 dan berdurasi kurang lebih 1 jam 45 menit. Awalnya yang menjadi sutradara adalah Stephen Sommers, akan tetapi pada Januari 2007, digantikan oleh Rob Cohen.

Kaisar Han (Jet Li) ingin hidup abadi. Beliau menugaskan Jenderal Ming (Russell Wong) untuk membawa Zi Juan (Michelle Yeoh) yang mengetahui tentang rahasia untuk hidup abadi ke hadapannya. Sang Kaisar akhirnya mendapatkan keabadian, tetapi beliau mengetahui hubungan antara Jenderal Ming dan Zi Juan sehingga beliau membunuh Jenderal Ming. Zi Juan yang marah kemudian memberikan kutukan pada Kaisar Han dan pasukannya menjadi batu.

Tahun 1946, Rick O’Connell (Brendan Fraser) dan istrinya, Evelyn O’Connell (Maria Bello) telah memutuskan untuk pensiun dari pekerjaannya sebagai petualang. Anak mereka, Alex O’Connell (Luke Ford) telah drop out dari sekolahnya dan menjadi petualang seperti orang tuanya. Suatu hari, Alex menemukan patung kaisar Han di Cina dan diserang oleh seorang wanita misterius. Alex berhasil selamat dan membawa patung tersebut ke Shanghai. Sementara itu, orang tuanya ditugaskan untuk membawa Eye of Shangri-La ke Cina karena pernah dicuri dari museum di Shanghai. Alex dan orang tuanya bertemu di suatu bar di Shanghai bernama Imhotep milik Jonathan Carnahan (John Hannah). Kemudian Alex membawa orang tuanya untuk melihat patung yang telah dibawanya. Di sana, Jenderal Yang (Anthony Wong Chau-Sang) menyergap mereka dan menghidupkan kembali mumi Kaisar Han dengan menggunakan Eye of Shangri-La. Sang Kaisar bersama Jenderal Yang memutuskan untuk pergi ke Himalaya dan memasang Eye of Shangri-La pada suatu menara di sana agar jalan menuju ke Shangri-La muncul. Rombongan O’Connell beserta Jonathan dan Lin (Isabella Leong), yang ternyata adalah penyerang Alex sebelumnya, berangkat dengan menggunakan pesawat milik Mad Dog Maguire (Liam Cunningham) mengejar Kaisar.

Bila film mummy terdahulu didominasi pasir dan Mesir, maka sekarang didominasi oleh Cina dan salju. Jalan ceritanya terlalu cepat walaupun berdurasi cukup lama. Adegan-adegan yang ada dirasa terlalu memaksa. Contohnya adalah munculnya Yetti. Tiba-tiba saja muncul yetti yang tidak tahu dari mana asal usulnya. Cukup mengecewakan sebenarnya, tetapi bisa sedikit ditutupi dengan guyonan-guyonan kecil sehingga penonton merasa terhibur. Tampilan grafisnya cukup bagus, walaupun dirasa kurang dahsyat.

Secara keseluruhan, Film ini masih kurang bagus dari segi cerita dibandingkan dengan kedua filmnya terdahulu. Untuk menghilangkan stress dan mengisi waktu luang, film ini cukup cocok untuk ditonton.