Tags

, , , , ,

Red Cliff adalah satu dari 2 film tentang Three Kingdom yang disiarkan pada tahun 2008. Film berbujet kurang lebih $80 juta dan merupakan film Asia paling mahal ini mengambil tema berdasarkan The Battle of Red Cliff (Chibi) yang terjadi pada masa akhir dinasti Han. Red Cliff disutradarai oleh sutradara ternama John Woo dan dibagi menjadi dua seri yang masing-masing dirilis pada Juli 2008 dan Januari 2009 karena durasinya yang panjang, yaitu 4 jam.

Kisah Red Cliff dimulai dari permintaan Cao Cao (Zhang Fengyi) kepada kaisar untuk melakukan ekspansi ke daerah selatan, tepatnya Wu Timur. Kemudian setting berpindah ke daerah Changban, dimana Liu Bei (You Yong) dan bawahannya membawa para pengungsi keluar dari Xinye. Cao Cao berniat menghabisi Liu Bei saat itu juga. Tetapi dengan bantuan bahawan setia Liu Bei yaitu Zhuge Liang (Takeshi Kaneshiro), Zhao Yun (Hu Jun), Guan Yu (Ba Sen Zha Bu), dan Zhang Fei (Zang Jinsheng), Liu Bei dan para pengungsi berhasil meloloskan diri. Zhuge Liang kemudian memberikan gagasan ke Liu Bei untuk bekerja sama dengan Sun Quan (Chang Chen) untuk mengalahkan Cao Cao. Kemudian Zhuge Liang berangkat dan akhirnya berhasil membujuk Sun Quan dan Zhou Yu (Tony Leung Chiuwai) untuk bergabung. Perang besar pun dimulai.

Film ini lebih mengarah ke cerita novel The Three Kingdom, bukan pada film serinya. Tetapi walaupun begitu terdapat beberapa perbedaan antara cerita di film dengan novelnya. Beberapa perbedaan tersebut diantaranya:

  1. Guan Yu datang sebagai bala bantuan setelah Zhao Yun berhasil menyelamatkan anak Liu Bei, bukan bertarung sendirian seperti pada film.
  2. Zhang Fei tidak melakukan teriakannya yang membuat takut pasukan Cao Cao dan menghancurkan jembatan Changban, tetapi menyerang pasukan Cao Cao dengan 1000 pasukan.
  3. Zhuge Liang membujuk Sun Quan di ruangan tertutup, tetapi di film dia membujuknya di hadapan para bawahan Sun Quan.
  4. Zhuge Liang pertama kali bertemu Zhou Yu di kediamannya, bukan di tempat latihan perang.
  5. Zhou Yu tidak pernah berkunjung ke camp milik Liu Bei, melainkan dia berusaha membunuh Liu Bei dengan memancingnya ke acara perjamuan.
  6. Di Film, Cao Cao mengatakan bahwa dia pernah bertemu Xiao Qiao pada saat berkunjung ke ayah Xiao Qiao yaitu Qiao Xuan. Tetapi di novel, Cao Cao belum pernah sekalipun bertemu dengannya.
  7. Pasukan Liu Bei dan Zhou Yu tidak pernah bertarung bersama-sama.
  8. Formasi Bagua (8 Tiagram) tidak pernah digunakan dalam perang Red Cliff. Formasi itu digunakan jauh setelah perang Red Cliff selesai.

Mungkin masih banyak lagi perbedaannya, tapi tidak mungkin disebutkan satu persatu di sini. Adegan peperangan di film ini pun cukup memukau, tetapi terkesan berlebihan. Hal ini terlihat pada pasukan kapal Cao Cao yang memenuhi sungai sepanjang beberapa kilometer. Bila dihitung secara kasar, bisa mencapai jutaan orang, padahal menurut cerita, pasukan Cao Cao “hanya” mencapai 800 ribu orang.

Musik yang digunakan pada film ini juga dirasa kurang cocok, karena mirip dengan musik yang digunakan pada game Final Fantasy XII, sedangkan setting waktunya adalah pada masa perang Cina kuno. Tetapi hanya satu adegan saja yang menggunakan musik itu. Karakter dalam film ini juga ada beberapa yang kurang cocok. Contohnya adalah pemeran Zhuge Liang, Takeshi Kaneshiro. Perawakannya yang muda kurang cocok dalam membawakan peran Zhuge Liang yang penuh wibawa dan penuh kecerdikan. Selain itu, Tony Leung Chiuwai terlalu tua untuk membawakan peran Zhou Yu yang muda (pada masa itu), gagah, dan rupawan.

Secara keseluruhan, film ini cukup bagus untuk ditonton. Antara rating 1 – 10, saya berikan nilai 7 karena banyaknya kekurangan di film ini. Untuk Red Cliff II dapat dilihat di sini.