2012 in review

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2012 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

4,329 films were submitted to the 2012 Cannes Film Festival. This blog had 19,000 views in 2012. If each view were a film, this blog would power 4 Film Festivals

Click here to see the complete report.

Advertisements

Codeigniter Email Class Tidak Bisa Mengirim Email ke Yahoo

Dalam 2 hari ini, saya dipusingkan dengan masalah kirim email menggunakan PHP ke yahoo mail. Framework yang saya gunakan adalah Codeigniter dan saya menggunakan email class milik codeigniter. Email yang saya kirimkan tidak pernah bisa masuk ke Yahoo mail. Sedangkan pada Google Mail, selalu masuk ke folder spam.

Setelah googling sana sini, dan mencoba berbagai macam solusi yang tak kunjung ada hasilnya, akhirnya saya menemukan satu solusi yang bisa mengatasi masalah ini, yaitu menggunakan smtp. Setting pengiriman email adalah sebagai berikut:

$config['smtp_host'] = 'mail.myisp.com';
$config['smtp_user'] = 'me@myisp.com';
$config['smtp_pass'] = 'password';
$config['smpt_port'] = '25';
$config['protocol']  = 'smtp';

“myisp” pada smtp_host adalah ISP semisal: Speedy dan Smart. smtp_user dan smtp_pass adalah username dan password dari ISP tersebut.

Cara lain adalah dengan mengirim via smtp dengan akun Gmail.

$config['protocol']  = 'smtp';
$config['smtp_host'] = 'ssl://smtp.googlemail.com';
$config['smtp_port'] = '465';
$config['smtp_timeout'] = '30';
$config['smtp_user'] = 'me@gmail.com';
$config['smtp_pass'] = 'password';
$config['charset']  = 'utf-8';
$config['newline']  = "\r\n";

smtp_user dan smtp_pass adalah username dan password Gmail.

Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman sesama programmer yang memiliki kesulitan yang sama dengan saya.


					

Hearty Paws – Petualangan Seekor Anjing yang Setia

Tags

, , , , ,

Setelah selesai menonton film Korea berjudul The Way Home (Jiburo), saya jadi tertarik untuk menonton film Korea lain yang bergenre drama. Tanpa sengaja, saya menemukan satu film yang mengisahkan petualangan seekor anjing jenis labrador retriever. Sebagai pecinta anjing, tentunya saya tidak bisa melewatkan film yang berjudul Hearty Paws ini.

Seorang anak berusia 11 tahun bernama Chan-yi (Yu Seong-ho) dan adik perempuannya, So-i (Kim Hyang-ki) adalah dua kakak beradik yang ditinggal pergi oleh ibu mereka setelah meninggalnya sang ayah. Mereka diasuh oleh paman dan bibi mereka (tidak dijelaskan apa hubungan mereka dengan sang ibu). Suatu hari, Chan-yi diam-diam menyelinap ke sebuah rumah besar milik orang kaya dan mencuri seekor anak anjing. Anak anjing tersebut dijadikan hadiah ulang tahun untuk adiknya yang genap berusia 6 tahun. So-i sangat gembira dan memberinya nama Maeum-i, yang artinya dalam bahasa inggris adalah “Heart”. Continue reading

The Way Home (Jiburo) – Kisah Sederhana Seorang Nenek dan Cucunya

Tags

, , , , ,

Hari Sabtu yang indah, duduk di depan komputer, di sebelah jendela. Terdengar suara burung berkicau di atas pohon belimbing yang terletak tepat di depan jendela (Kayak lagi nulis cerpen aja). Lagi-lagi bengong setiap hari Sabtu. Mulai deh cari-cari film yang bagus buat ditonton. Pilihan saya jatuh pada satu film Korea keluaran tahun 2002 berjudul The Way Home ((집으로 – Jibeuro) yang mengisahkan kehidupan seorang cucu dengan neneknya.

Sang-woo dan ibunya

Sang-woo dan ibunya

Sang-woo (Yu Seung-ho) dan ibunya pergi ke sebuah desa untuk mengunjungi sang nenek (Kim Eul-boon) yang bisu, tapi tidak tuli. Ternyata maksud ibunya adalah menitipkan Sang-woo kepada sang nenek. Ia bercerai dengan suaminya dan tokonya bangkrut. Keadaan ini memaksa sang Ibu untuk mencari pekerjaan baru di Seoul. Sang-woo dititipkan selama kurang lebih dua bulan. Setelah ia mendapat pekerjaan, barulah kemudian ia menjemput Sang-woo pulang. Continue reading

Men In Black 3 – Petualangan di Tahun 1969

Tags

, ,

Jujur saja, sebenarnya saya tidak merasa tertarik sama sekali untuk menonton Men In Black 3 ini. Tapi daripada hanya bermalam minggu di rumah saja dan kebetulan saya diajak nonton, jadinya saya pergi nonton.

Alien kriminal kelas tinggi, Boris The Animal (Jemaine Clement), yang pernah ditangkap oleh Agen K (Tommy Lee Jones) 40 tahun yang lalu, berhasil meloloskan diri dari penjara di bulan. Ia merencanakan balas dendam kepada Agen K dengan cara kembali ke saat sebelum ia ditangkap, yaitu pada tahun 1969, kemudian membunuh Agen K. Rencananya berhasil, Agen K tiba-tiba dinyatakan telah meninggal 40 tahun yang lalu. Rekan setianya, Agen J (Will Smith) tentu merasa janggal dengan kejadian tersebut. Continue reading

Punggungku… Aw aw aw…

Tags

, , , ,

Sial banget hari ini, tiba-tiba harus merasakan jadi seperti orang jompo.

Hari ini saya diminta untuk mengirim barang-barang konveksi atasan dalam wanita buatan papa saya ke satu grosir di Jalan Kembang Jepun. Karena memang sedang tidak ada kerjaan, dan demi membantu orang tua yang sudah membesarkan saya dari masih berbentuk ovum hingga menjadi manusia setinggi 172 cm (ceileee… bijak amat kata-kataku), saya dengan terpaksa senang hati bersedia membantu.

Barang udah dimasukkan ke mobil, jadi saya tinggal masuk ke mobil dan tancap gas!! Seperti biasa, jalan menuju ke Kembang Jepun harus ditempuh dengan perjuangan berat. Macetnya luar biasa dari jalan Kapasan hingga Pasar Atum. Kendaraan umum seperti angkot dan becak bersliweran sembarangan. Huh! Bikin emosi aja!

Toko yang akan saya kunjungi harus masuk ke kompleks ruko (rumah toko). Untuk bisa masuk, saya harus membeli karcis masuk yang dihargai setara dengan karcis masuk mall, 3000 rupiah!! Bener-bener edan! Kalo karcis parkir mall seharga 3000 masih saya anggap wajar karena tempatnya tertutup, gak panas, kemudian masuk mall dengan ac yang sejuk, dan bisa cuci mata (ini yang penting!!). Sedangkan di ruko ini, udah panas, sempit, parkir di tempat yang terbuka, ditambah lagi banyak tante-tante yang jaga toko.

Setelah memakirkan mobil, saya segera menuju ke bagasi mobil untuk mengambil barang. Ternyata, barangnya besar sekali! Beratnya mungkin sekitar 10 kg! Aih, bodohnya… seharusnya tadi mobilnya saya berhentikan dulu di depan toko, biar ada yang bantu angkat tuh barang. Peduli amat seandainya ada mobil di belakang saya nyalakan klakson sambil marah-marah karena gak bisa lewat.

Akhirnya dengan segala daya upaya dan sekuat tenaga, saya angkat barang itu dan saya harus berhenti kira-kira setiap 20 langkah. Pada saat saya berhenti saya terlalu bersemangat meletakkan barang di lantai, kemudian NYUT!! Punggung bagian belakang yang dekat dengan pinggang saya tiba-tiba sakit berat. Saya cuma bisa menahan sakit dan teriak kesakitan di dalam hati, malu donk dilihat orang kalo teriak-teriak. Tanggung, udah setengah jalan dari tempat parkir menuju toko. Dengan segenap kekuatan saya hingga tetes demi tetes keringat bercucuran menahan sakit yang amat sangat di punggung (maaf, agak berlebihan, biar sedikit dramatis), saya berusaha menyelesaikan pekerjaan saya.

Setelah selesai, punggung saya jadi semakin sakit. Membungkuk sakit, berdiri tegak sakit, goyang kanan sakit, goyang kiri sakit, duduk sakit, boker sakit (ups!). Begini ternyata rasanya menjadi orang jompo yang badannya sudah sakit-sakitan.

The Avengers – Berkumpulnya Para Jagoan Pembela Bumi

Tags

, , , , , , , , ,

Semua orang, bahkan mungkin di seluruh bumi tentunya mengetahui film yang berjudul The Avengers, film yang sudah sangat dinanti-nantikan oleh semua penikmat film di seluruh dunia. Film ini sempat meraup keuntungan sebesar 1,6 milliar dolar dan mengalahkan rekor Harry Potter and the Deathly Hollows part 2.

Cerita diawali oleh Loki (Tom Hiddleston) bertemu dengan penguasa alien yang disebut The Other. Ia ditugaskan mendapatkan kembali Tesseract dan sebagai gantinya, ia harus memimpin kelompok alien Chitauri menyerbu bumi. Cerita kemudian beralih ke bumi. S.H.I.E.L.D sedang dalam penelitian terhadap Tesseract oleh Dr Erik Selvig (Stellan Skarsgård). Saat Nick Fury (Samuel L. Jackson) dan agen Maria Hill (Cobie Smulders) tiba di sana, Tesseract bereaksi dan membawa Loki ke bumi. Dr Erik Selvig, agen Clint Barton / Hawkeye (Jeremy Renner) serta beberapa agen lain dikuasai oleh Loki, Tesseract dicuri, kemudian markas S.H.I.E.L.D dihancurkan. Continue reading

Top Secret The Billionaire – Never Too Young To Become a Billionaire

Tags

, , , , , ,

Akhirnya setelah sekian lama mencari, saya berhasil mendapatkan film Top Secret: Wai Roon Pan Lan a.k.a The Billionaire. Film ini sudah ditayangkan di bioskop Megablitz tanggal 30 November 2011 lalu. Bioskop tersebut selain menayangkan beberapa film Hollywood, juga menampilkan film Thailand dan Korea. Tapi saya tidak bisa menontonnya karena Megablitz tidak buka cabang di Surabaya. Sangat tidak mungkin bila saya harus pergi ke Bandung atau Jakarta hanya demi menonton film. Berarti review saya tentang film ini begitu terlambat dan mungkin sudah banyak orang yang tahu. Tapi, walaupun begitu, sesuai dengan judulnya, Never Too Late to Write a Review. Bener gak? 🙂

Top (kanan) meminjam uang 10 juta Baht

Top (kanan) meminjam uang 10 juta Baht

Cerita diawali dari seorang pemuda 19 tahun bernama Itthipat “Top” Kulapongvanich (Pachara Chirathivat) mengunjungi sebuah bank untuk melakukan pinjaman sebesar 10 juta Baht. Awalnya si petugas bank tidak memperdulikannya, tapi kemudian ia memberikan kesempatan kepada Top untuk menceritakan alasannya meminjam uang tersebut. Lalu cerita beralih ke 3 tahun lalu saat Top masih berusia 16 tahun. Continue reading