Tags

,

Untuk melihat langkah-langkah pembuatan ToolBar di VB6 bisa langsung dilihar di sini. Langkah-langkahnya ditulis dalam bahasa inggris. Ini adalah versi bahasa Indonesianya.

  1. Pilih menu Project -> Components (Ctrl+T) dan pastikan Microsoft Windows Common Controls 6.0 telah tercentang
  2. Pada toolbox, pilih komponen toolbar dan letakkan di form. Otomatis toolbar akan terletak di atas form
  3. klik kanan pada toolbar dan pilih properties. Setelah itu pilih tab Button dan klik Insert Button maka akan muncul button kosong pada toolbar
  4. Button itu bisa dibiarkan kosong untuk diisi gambar. Bila ingin mengisi kata-kata, masukkan pada bagian Caption
  5. Pada textbox key, masukkan kata yang secara unique mendefinisikan button tersebut. Kurang lebih sama seperti penggunaan variable
  6. Untuk menambahkan gambar pada button, tambahkan ImageList dari toolbox ke form. Klik kanan pada ImageList, Pilih Properties, Tab Image, Insert Picture. Masukkan terus sebanyak button yang ada. Perhatikan bahwa masing-masing gambar memiliki index.
  7. klik kanan pada toolbar, pilih properties, pada tab general cari kotak ImageList dropdown dan pilih nama ImageList
  8. Pilih tab Buttons. Pada textbox Image, masukkan index dari gambar yang ada pada ListImage. Lakukan untuk setiap Button. Bila ingin menambah gambar lagi, pada ImageList dropdown pada tab General harus dikosongkan terlebih dahulu.
  9. Untuk memberikan jarak antar tombol pada toolbar (atau biasa disebut separator), masuk ke halaman property dari toolbar, pilih button tab, dan klik Insert Button untuk membuat button baru yang kosong. Kemudian pada combo box Style, pilih 3-tbrSeparator.
  10. Di dalam VB, double click pada toolbar dan akan menuju ke event toolbar button click. Variabel Button berisi nama dari button yang sedang diclick. Gunakan select case atau If untuk memilih button mana yang sedang diclick. Contoh: If button=”Save”
  11. Untuk melihat seolah-olah button sedang dalam keadaan diclick, pada halaman property toolbar, tab Buttons, ubah Value menjadi 1-tbrPressed

Itu adalah langkah-langkah pembuatan ToolBar. Semoga bisa membantu. ^^

About these ads